Dongeng teh kaasup karya balarea lantaran sumebarna

Dongeng Teh Kaasup Karya Balarea Lantaran Sumebarna?

Dongeng teh kaasup karya balarea lantaran sumebarna secara lisan. Babad ini juga sering disebut dengan cerita rakyat karena tidak diketahui siapa yang menyebarkannya dan memperjuangkannya.

Dongeng Teh Kaasup Karya Balarea Lantaran Sumebarna

Dongeng teh kaasup karya balarea lantaran secara lisan bisa juga disebut dengan cerita rakyat. Sedangkan urutan bahasa yang digunakan adalah bentuk prosa dengan ciri-ciri berisi agen pendidikan, ragem, mengandung unsur kekafiran dan disajikan secara sederhana.

Dongeng merupakan cerita fiksi yang dapat memberikan seukuran pararondok dan pesan tidak percaya. Namun ada juga yang unsur kekafirannya tidak terwujud seperti babad yang mengisahkan kehidupan sehari-hari.

Untuk isi dongeng yang tidak ada unsur kekafirannya biasanya lebih mengandung pesan moral dan pendidikan. Contohnya orang benar menerima hadiah sedangkan yang salah akan mendapatkan siksaan dan bahaya. Untuk pelakunya bisa hewan, tumbuhan, manusia dll.

Unsur-Unsur Dongeng

Komponen yang terkandung dalam dongeng sebenarnya tidak jauh beda pada bentuk prosa lainnya. Dimana unsur-unsurnya terdiri dari pelaku, latar, pesan moral, tema, imajinasi, gaya cerita dan ketegangan.

Di dalam dongeng juga terdapat beberapa struktur seperti pendahuluan. Umumnya bagian ini terletak diawal dan berisi pernyataan umum berupa kalimat pengantar/ pembuka paragraf utama.

Peristiwa juga termasuk struktur terpenting yang harus ada dalam dongeng, maka dari itu kejadiannya harus disusun sesuai kronologi. Bagian terakhir yaitu penutup yang berisi pesan moral, saran dan komentar tentang kebaikan.

Jenis-Jenis Dongeng

Dongeng juga bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis seperti legenda yaitu babad yang berhubungan dengan asal-usul terjadinya suatu tempat. Contohnya takuban perahu, candi Prambanan dan danau Toba.

Jenis lainnya yaitu mitos merupakan dongeng yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap hal-hal gaib. Contohnya cerita Nyi Roro kidul, fabel merupakan babad di mana tokohnya diperankan oleh hewan dengan perilaku seperti manusia.

Ada juga jenaka yaitu dongeng yang bercerita tentang hal-hal lucu dari tokohnya. Seperti si kabayan, singa rewa dan pan balang tamak. Babat jenis ini memiliki tujuan utama untuk menghibur pembacanya.

Setelah membaca artikel di atas pastinya Anda sudah mengetahui bahwa jawaban dari pertanyaan dongeng teh kaasup karya balarea lantaran secara lisan tanpa diketahui pengarangnya. Semoga rangkuman ini bermanfaat.

referensi: https://gokemedia.com