3 Cara Export Database MySQL di PHPMyAdmin Mudah

Cara Export Database MySQL di PHPMyAdmin ini terbilang banyak di cari oleh para programmer pemula. Export database biasa digunakan ketika para programmer ingin memindahkan databasena dari laptop satu ke laptop lain ataupun ke komputer lain.

Dilansir dari dunia programming bahwa mysql banyak di gunakan oleh para programmer karena kemudahan cara menggunakan dan efisiensi data yang digunakan pada mysql sangat simpel.

Export database biasa dilakukan untuk melakukan backup database agar ketika terjadi masalah dengan program, kita sudah mempunyai backup data yang pernah kita export.

Ketika kita sudah melakukan export database, kita akan dimudahkan untuk melakukan perpindahan data sebanyak apapun hanya dengan menggunakan file yang sudah kita export tadi.

Format file yang biasa digunakan untuk melakukan export bisa berbentuk .sql ataupun .csv tergantung kebutuhan kalian. Nah, pada penjelasan kali ini, https://www.sonic-arts.org/ akan menjelaskan bagaimana cara export database MySQL di phpMyAdmin.

Cara Export Database MySQL di PHPMyAdmin Mudah

cara export database MySQL di PHPMyadmin
cara export database MySQL di PHPMyadmin

1. Masuk ke phpMyAdmin

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke phpmyadmin. bagi kalian yang ingin melakukan export database dari localhost atau komputer, laptop kalian, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyalakan XAMPP terlebih dahulu.

Buka XAMPP Controller yang ada di c:\htdocs kemudian cari xampp-controller.exe dan klik start pada bagian apache dan mysql, jika keluar firewall saat melakukan aksi start, kalian tinggal klik Yes.

2. Eksport Database MySQL

Kemudian setelah kalian melakukan cara pertama, selanjutnya buka browser kalian, bebas boleh menggunakan google chrome atau firefox ataupun browser lain.

setelah itu ketik localhost/phpmyadmin pada bagian browser, dan tunggu hingga muncul tampilan phpmyadmin.

Setelah itu pilih database yang ingin kalian export, klik salah satu database pada tampilan kiri layar, lalu pilih menu export pada bagian atas layar.

Jika kalian ingin melakukan export format .sql, pastikan pada bagian format, pilihannya SQL, setelah itu klik Go.

Jika kalian ingin melakukan export format CSV, kalian pilih CSV pada bagian format, setelah itu klik Go. Kalian juga bisa memilih format lain jika kalian menginginkannya.

Tunggu sebentar hingga proses export selesai. Jika sudah, maka secara otomatis akan muncul file yang sudah kalian pilih tadi format .sql, .csv ataupun yang lain yang kalian pilih tadi.

3. Melakukan Import Database MySQL

Setelah kalian export selanjutnya kalian bisa melakukan import database ke laptop, komputer ataupun tempat lain seperti hosting yang kalian inginkan.

Jika kalian menginkan tutorial tentang bagaimana cara import database mysql baik dari laptop, komputer ataupun hosting, kalian bisa baca tutorialnya di situs https://www.sonic-arts.org/

itulah beberapa penjelasan mengenai cara export database mysql di phpmyadmin, semoga apa yang saya jelaskan diatas bisa bermanfaat bagi kalian para pemula yang mencari tutorial bagaimana cara export database yang baik dan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.